Besaran dan Satuan

Hallo, Omicronians mulai hari ini website omicron.my.id akan menyediakan materi-materi pelajaran sekolah. Tentunya, kami berniat membantu Omicronians untuk lebih memahami materi pembelajaran yang telah dijelaskan disekolah sebelumnya.

Pada kesempatan ini, kami akan sedikit berbagi pada Omicronians semua mengenai Besaran dan Satuan. Nah, Apa sih besaran? dan apa sih satu itu?. Chek this out ya!

Besaran

Secara formal, pengertian dari besaran fisika adalah segala sesuatu yang dapat diukur dan dinyatakan dalam bentuk angka. Secara sederhana nya, apabila Omicronians mempunyai dua benda yang satu berat dan yang satu ringan. Berat, panjang, pendek, merupakan salah satu dari besaran yang telah ditetapkan.

Sesuai kesepakatan internasioanl, besaran fisika dibagi kedalam 2 jenis yaitu :

  1. Besaran Pokok
  2. Besaran Turunan

Satuan

Nah sekarang, kalau satuan itu apa sih? tadi Omicronians sudah mendeklarasikan bawha benda A lebih ringan dari benda B. Maka Omicronians, harus membuktikan bahwa benda A lebih berat dibanding benda B, begitu juga sebaliknya.

Nah satuan disini, dipakai sebagai alat bagi Omicronians untuk membuktikan hal tersebut.

Oke karena, Omicronians telah memahami apa itu besaran dan satuan secara sederhana. Maka disini kami akan memberika daftar besaran pokok, dan turunan beserta satuannya. Simak, catat, serta hapalkan ya!

Besaran Pokok

Besaran pokok´╗┐

Satuan

Singkatan

Dimensi

Panjang

meter

m

[L]

Massa

Kilogram

kg

[M]

Waktu

Sekon

s

[T]

Kuat Arus Listrik

Ampere

A

[I]

Suhu

Kelvin

K

[Tetha]

Jumlah Zat

mol

mol

[N]

Intensitas Cahaya

Kandela

cd

[J]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *