Seluruh Dunia Akan Tersenyum Bila Anda Juga Tersenyum!

Seluruh Dunia Akan Tersenyum Bila Anda Juga Tersenyum!

Bandung, Ensiklopedia Omicron – Sekali aja Anda tersenyum maka dunia akan ikut tersenyum akibat efek positif yang ditimbulkan dari dalam diri Anda. Efek positif yang seperti apa sih? Pasti Omicronians sering mendengar bahwa dengan tersenyum itu bisa mengubah pandangan diri kita dan secara umum membuat diri kita merasa lebih baik. Sebenarnya ungkapan ini mitos atau fakta sih? senyum

Berdasarkan penelitian dari University of South Australia menegaskan bahwa tersenyum dapat mengubah pikiran Anda untuk menjadi lebih positif hanya dengan menggerakkan otot-otot wajah Anda. Kontraksi dari otot wajah akan menggerakan kulit dan ekspresi wajah untuk menyampaikan perasaan atau suasana hati sehingga merasa lebih baik dan memiliki efek yang posistif.

Senyum Pencegah Corona

Saat ini dunia sedang krisis di tengah pandemi global COVID-19, hal ini meningkatnya kecemasan dan depresi yang mengkhawatirkan di seluruh dunia. Padahal seharusnya pada situasi seperti ini masyarakat jangan terlalu panik dan sangat disarankan untuk tetap tersenyum, karena dengan tersenyum dan bergembira, manusia lebih kebal dengan virus karena meningkatnya daya tahan tubuh akibat perasaan atau suasana hati baik dan memiliki efek yang positif.

Studi yang dipublikasikan di Experimental Psychology, meneliti dampak senyum pada ekspresi wajah dan pada tubuh. Dalam penelitian tersebut peserta yang memegang pena di antara gigi (pen-at-teth) mereka sehingga memaksa otot wajah mereka seperti meniru gerakan senyum.

Baca Juga : Meminum Teh Bisa Meningkatkan Kualitas Otak!

Penelitian menemukan bahwa aktivitas otot wajah tidak hanya mengubah ekspresi wajah tetapi juga ekspresi tubuh yang menghasilkan emosi yang lebih positif.

Peneliti utama dan ahli kognisi manusia dan buatan, Dr. Fernando Marmolejo-Ramos dari UniSA mengatakan bahwa temuan tersebut memiliki wawasan penting untuk kesehatan mental. Ketika otot Anda mengatakan Anda bahagia, Anda lebih cenderung melihat dunia di sekitar Anda dengan cara yang positif.

Dalam penelitian ini juga menemukan bahwa ketika Anda berlatih tersenyum secara paksa, itu merangsang amigdala (pusat emosional otak) yang melepaskan neurotransmiter untuk mendorong keadaan emosional yang positif.

Sehingga jika kita ‘menipu’ otak untuk selalu menanamkan kedalam diri kita bahwa kita ‘bahagia’, maka kita berpotensi membantu meningkatkan kesehatan mental kita yang nantinya kita memiliki aura yang positif dan suasana hati yang merasa lebih baik.

So, jangan lupa bahagia ya Omicroniansss😊

 

Penulis : Siti Salamah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *