Meminum Teh Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak!

Meminum Teh Bisa Meningkatkan Kesehatan Otak!

Para penggemar teh patut berbahagia, karena sebuah studi diterbitakan oleh National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi teh setiap harinya memiliki otak yang lebih terorganisasi dibandingkan dengan orang yang bukan peminum tanaman hijau tersebut, dan ini dikaitkan dengan fungsi kognitif dari setiap otak manusia yang lebih sehat diusia lanjut

Penelitian ini dilakukan oleh Asisten Profesor Feng Lei, yang berasal dari Departemen Kedokteran Psikologis di Sekolah Kedokteran NUS Yong Loo Lin dan berkolaborasi dengan peneliti dari University of Essex dan University of Cambridge. Studi ini merupakan studi kedua, dimana pada penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa asupan teh bermanfaat bagi kesehatan manusia, termasuk perbaikan mood, dan pencegahan penyakit kardiovaskular. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh setiap hari dapat menurunkan risiko penurunan kognitif pada lansia hingga 50%.

Manfaat asupan teh secara teratur

Setelah penemuan ini, Assisten Prof Feng dan timnya melakukan penelitian lebih lanjut mengenai efek langsung mengonsumsi teh pada jaringan otak. Tim peneliti merekrut 36 orang dewasa berusia 60 ke atas, dan mengumpulkan data tentang kesehatan, gaya hidup, dan psikologis mereka. Para partisipan juga harus menjalani tes neuropsikologi dan magnetic resonance imaging (MRI).

Baca Juga : Cara Jitu Melipat Gandakan Uang, No Click Bait!

Dari hasil analisis, tim peneliti menemukan bahwa individu yang mengonsumsi teh hijau, oolong, atau hitam setidaknya empat kali seminggu selama sekitar 25 tahun memiliki otak yang bekerja dengan cara yang lebih efisien.

Ia menganalogikan lalu lintas jalan, anggap otak sebagai tujuan dan koneksi antardaerah otak adalah jalan. Ketika sistem otak lebih teratur dan terorganisir, maka pergerakan kendaraan dan penumpang akan lebih efisien. Demikian juga dengan koneksi antardaerah pada otak lebih terstruktur dan proses pengolahan informasi juga bisa lebih efisien.

Hasil dari kedua penelitian ini menunjukkan bahwa selain bisa meningkatkan fungsi otak, efek positif dari minum teh secara teratur adalah koordinasi otak yang menjadi lebih baik sehingga mencegah gangguan pada koneksi antarwilayah pada otak.

 

 

 

Editor : Noer Ardiansyah Laksana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *