Karbon, Unsur Kecil Penopang Hidup Manusia!

Karbon, Unsur Kecil Penopang Hidup Manusia!

Bandung, Omicron Indonesia – Pensil merupakan salah satu alat tulis yang digunakan oleh sebagian orang hingga saat ini. Mata pensil yang digunakan untuk memberikan efek warna hitam pada sesuatu yang telah di gores oleh ujung pensil adalah Grafit. Grafit merupakan salah satu dari 3 alotrop Karbon yang ditemukan di bumi. Menurut Dr. Yayan Sunarya, M.Si seorang dosen kimia UPI menjelaskan bahwa setiap alotrop karbon memiliki sifat fasik yang berbeda. Pada Grafit, sifat grafit yang dimilikinya yaitu berwarna hitam abu-abu dan merupakan bahan yang paling lembut.

Grafit adalah penghantar listrik yang baik, sehingga sering digunakan dalam pembuatan baterai, resistor, kanvas rem dan pelumas. Grafit juga digunakan untuk membuat tulisan berwarna hitam pada pensil. Dewasa ini banyak di temukan jenis-jenis pensil yang beredar di pasaran yang mempunyai kualitas  produk yang berbeda-beda. Hal utama yang membedakan kualitas dari produk pensil tersebut, ialah kuat atau tidaknya karbon yang terdapat pada pensil menghantarkan arus listrik.

Unsur Karbon dalam Nasi

Nasi, merupakan jenis makanan yang dikonsumsi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Cara membuatnya pun bermacam-macam, baik secara tradisional maupun modern. Secara tradisional, nasi putih dibuat dengan cara merebus beras dengan air secukupnya dalam tungku atau media tradisional lainnya hingga matang. Sedangkan secara modern, nasi dibuat dengan cara merebus beras dengan sejumlah air menggunakan alat penanak sekaligus pemanas nasi. Dikutip dalam perkataan dr. Marianti, ahli Kandungan Nutrisi “Nasi putih adalah sumber karbohidrat utama, dalam satu porsi nasi putih seukuran mangkok (180 gram), setidaknya terkandung 50 gram karbohidrat”.

Pengertian Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan terjemahan dari bahasa latin “petroleum” yaitu petrusl (karang) dan oleum (minyak). Cairan ini merupakan campuran kompleks dari senyawa-senyawa hidrokarbon baik senyawa alifatik, siklik, dan aromatik yang sebagian terdiri atas alkana tetapi memilki banyak variasi komposisi, penampilan dan kemurniannya dengan campuran lain seperti senyawa nitrogen, belerang, oksigen dan senyawa logam dalam jumlah kecil. Minyak bumi terbentuk dari fosil-fosil hewan dan tumbuhan purba.

Baca Juga : Punya Batu dari Bulan? NASA Siap Bayar 3x Lipat dari Harga Emas!

Pengolahan minyak bumi dilakukan dengan desitilasi bertingkat. Prinsip dasar penyulingan bertingkat adalah pemisahan campuran berdasarkan perbedaan titik didih. Fraksi-fraksi yang diperoleh dari proses destilasi merupakan campuran hidrokarbonbyang mendidik pada interval suhu tertentu.

Keistimewaan Unsur Karbon

Dalam definisi singkat yang dipaparkan dalam penjelasan diatas antara pensil, nasi dan minyak bumi merupakan bahan yang jauh berbeda, baik bentuk, bahan asal, dan kegunaannya. Hampir tidak ada kesamaan dari ketiganya sama sekali. Namun, jika diteliti dari aspek kimiawi, kita akan menemukan satu kesamaan dari ketiga bahan tersebut. Apakah kesamaan dari ketiga bahan tersebut Omicronians? Iya benar sekali, ternyata ketiga bahan terbentu dari salah satu unsur yang sama, yaitu unsur karbon, C.

Unsur karbon menjadi salah satu unsur penyusun sebagian besar senyawa-senyawa di alam sekitar. Jadi sangat perlu bagi kita untuk mengetahui keistimewaan atom karbon. Selain pensil, nasi dan minyak bumi. Kertas, gula pasir, gandum, pati serta berbagai macam obat-obatan adalah bahan-bahan yang memilki atom penyusun utama berupa karbon.

Mengapa unsur karbon dapat membentuk senyawa yang berbeda-beda? Secara konfigurasi, atom karbon memiliki 4 elektron valensi. Selain faktor tersebut keunikan atom karbon lainnya adalah dapat membentuk ikatan kovalen, dapat membentuk rantai karbon, senyawa karbosiklik, senyawa heterolisik dan dapat membentuk ikatan tunggal, rangkap dua dan rangkap tiga.

 

Editor : Noer Ardiansyah Laksana

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *