Virus Corona makin bermutasi, yuk lakukan 4 hal ini!

Virus Corona makin bermutasi, yuk lakukan 4 hal ini!

Holla Omicronians! Buat mengawali perselancaran kami di dunia web, pastinya concern menyuguhkan informasi menarik yang lagi happening seputar teknologi, pendidikan, dan pengetahuan lainnya, kasus tentang “virus corona yang lagi banyak dilirik dunia ini, kayaknya seru deh buat  didiskusikan. Dengan sajian yang asik dan ciamik, cocok banget nih jadi amunisi informasi mingguan kalian, biar gak baca yang serius-serius terus, tapi tetep dapet kok ilmunya!

BandungDari permulaan tahun 2020, pastinya Omicronians sudah sering dengar berita tentang  2019-nCoV, dong?  Jenis virus baru yang akhir-akhir ini bikin dunia  jadi makin hectic dan yang biasa kita sebut virus corona ini memberikan dampak yang cukup serius lho terhadap sektor-sektor kegiatan manusia di bumi, seperti ekonomi, pendidikan, pemerintahan, dll. Beberapa negara di belahan dunia sudah jadi target bermutasinya virus ini, Omicronians. Data yang dirilis dari the Center for System Science and Engineering (CSSE) at Jhons Hopkins University pada jumat (13/3/2020) lalu menyebutkan  ada 128.343 orang terinfeksi virus corona, dengan China sebagai Negara yang menjadi asal mewabahnya virus ini terinfeksi paling banyak pertama di dunia, lalu disusul italia di posisi kedua, dan iran yang berada di posisi ketiga dengan 10.075 kasus.

   Ilustrasi Coronavirus (Foto : The CT Mirror)

Karena perserbarannya semakin meluas dengan cepat, WHO (World Health Organization) sudah resmi menaikan status virus corona menjadi pandemi dengan jumlah kasus lebih dari 120 ribu, dan 110 negara yang terjangkit virus ini. Dari jumlah tersebut, Indonesia juga salah satunya lho, Omcironians. Menurut sumber dari Juru Bicara Pemerintah Indonesia, Achmad Yuniarto (16/03/2020), sampai saat ini, Indonesia mencapai 134 kasus positif terkena virus corona, dengan DKI Jakarta menjadi daerah terbanyak persebarannya, dan Jawa Barat menjadi wilayah terpapar kedua. Gimana nih, Omicronians, daerahmu ada di status penyebaran virus corona level mana?

Dengan penemuan jenis virus yang diketahui belum lama ini, menurut WHO, belum ditemukan obat atau vaksin untuk menangkalnya. Tapi gak perlu panik dulu ya, Omirconians, karena virus corona ini masih bisa kita hindari lho dengan melakukan langkah-langkah ini, simak yuk!

  1. Cuci tangan dengan langkah yang baik di waktu yang benar

Kenapa sih harus cuci tangan, Omicronians? Tanpa kita sadari, setiap melakukan aktivitas baik dengan atau tanpa menggunakan media bantu, tangan kita selalu mengambil peran utama lho, gak kalah pentingnya dengan organ tubuh kita yang lain. Memegang barang pribadi maupun publik, mengendarai kendaraan, menyentuh organ tubuh yang lain, hingga makan dan minum, segalanya memakai fungsi tangan. Karena fungsi tangan khususnya telapak tangan yang tidak bisa dihindari atau berhenti bergantung inilah yang membuat virus punya tempat favorit untuk bersarang, termasuk jenis corona ini. Gimana gak jadi tempat favorit, Omicronians, tangan kita sendiri yang menjadi media perpindahan virus-virus tersebut dari tempat asal mereka yang kita gak tahu, lho.

  Ilustrasi mencuci tangan (Foto : Istockphoto)

Jadi, menjaga kebersihan dengan mencuci telapak tangan penting untuk upaya pencegahan mutasi virus ini. Tentunya, dengan mencuci tangan di 5 waktu yang tepat yaitu sebelum makan; setelah BAB; sebelum menjamah makanan; sebelum menyusui; dan setelah beraktivitas, juga dengan cara yang tepat mengacu pada gerakan 6 langkah mencuci tangan ya, Omicronians.

Lalu, berapa lama sih kita harus mencuci tangan agar terhindar dari virus, Omicronians? Menurut Anjuran Centers for Disease Control and Prevention (CDC), mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir selama 20–40 detik efektif dalam membunuh virus yang bersarang di telapak tangan. Pastikan seluruh bagian tercuci, seperti punggung tangan, sela – sela jari kuku, telapak tangan, dan kuku. Setelah mencuci tangan keringkan tangan dengan tisu, handuk bersih, atau masin pengering.

Bila Omicronians sedang dalam perjalanan atau sedang ada di keadaan tidak menemukan sabun dan air, handsanitizer bisa menjadi alternatif. Komposisi handsanitizer dengan kandungan alkohol minimal 70% saja sudah dapat mengurangi resiko penyebaran virus di area tangan lho, Omicronians. Penggunaan handsanitizer ini memang praktis, namun bila keadaan mendukung, pastikan untuk memilih membersihkan tangan dengan sabun dan air mengalir saja yaOmicronians, karena cara tersebut jauh lebih efektif dibandingkan dengan menggunakan handsanitizer.

  1. Menghindari kontak fisik

Omicronians, dengan kasus virus corona yang sudah menyebar di Indonesia, setiap dari kita berarti punya peluang besar terkena penyebaran virus ini. Belum lama ini, Indonesia sudah menerapkan gerakan  social distancing dengan  rentan waktu minimal selama 14 hari, untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

Ilustrasi berkumpul dengan teman (Foto : Thecladies)

Beberapa dari Omicronians pasti masih merasa heran kenapa harus melakukan gerakan ini. Menurut Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Dr. dr. Ari Fahrial Syam, Sp.PD-KGEH, MMB, isolasi mandiri sangat penting dilakukan untuk memutus rantai peyebaran dan penularan COVID-19. Isolasi mandiri dilakukan baik oleh orang sehat maupun orang yang sakit. Dengan membatasi interaksi dengan orang lain selama 14 hari dapat membantu mencegah penularan penyakit infeksi, kemudian memberikan waktu kepada orang yang sakit untuk melakukan pemulihan dan meningkatkan daya tahan tubuh tanpa menularkan penyakitnya terhadap orang lain. Begitu, Omicronians!  Jadi, jangan gunakan waktu isolasi kalian jadi ancaman baru buat tubuh kalian, ya, dengan semakin melakukan aktivitas senang-senang lainnya.

Bagaimana kalau ada kepentingan di luar rumah sangat mendesak, Omicronians? Tentunya kita boleh sesekali bepergian ke luar rumah dengan beberapa langkah pencegahan juga. Memakai masker (dengan lapisan tertentu dan sekali pakai) dianggap efektif untuk menghindari virus corona yang bersumber dari droplet (percikan air dari hidung dan mulut saat bersin, batuk, dan berbicara) orang yang sakit yang kita gak tahu orang tersebut sudah terjangkit virus corona atau belum. Untuk berhati-hati saja, ok banget tuh, Omicronians. Namun, sebaik-baiknya pengguna masker adalah orang yang sedang sakit, ya.

Untuk sementara, langkah menghindari kontak fisik dengan banyak orang, seperti bersalaman atau berjabat tangan, berpelukan, dan membuat jarak minimal satu meter saat berkomunikasi dengan orang sakit, jadi upaya yang bisa kita lakukan juga lho, Omicronians. Karena kita tidak tahu seberapa cepat virus akan menyebar dan menjangkit orang disekitar kita.

  1. Menghindari kontak dengan hewan

Omicronians yang pecinta hewan pasti merasa khawatir, bukan? Tenang saja, Omicronians, tidak semua jenis hewan harus kita hindari, kok. Corona virus yang menyebabkan Covid-19 (Corona Virus Disease-2019) ini diduga kuat berasal dari beberapa hewan mamalia dan reptil di Wuhan, Cina. Untuk itu, menghindari kontak dengan hewan-hewan tersebut apalagi bila mengonsumsinya  juga bisa jadi langkah pencegahan. Namun, bila terlanjur melakukan kontak dengan hewan jenis apapun, sebaiknya langsung mencuci tangan seperti di langkah pertama, ya, Omicronians.

 Ilustrasi hewan pengerat (Foto : Istockphoto)

Apabila ingin mengonsumsi daging atau ikan, Omicronians bisa memasak daging tersebut hingga benar-benar matang untuk membunuh virus dan bakteri yang mungkin bersarang di daging hewan tersebut. Sebelum itu, cucilah daging tersebut dengan hingga bersih sebelum dimasak. Hindari mengonsumsi daging atau ikan yang sudah tidak bagus atau segar, apalagi mengonsumsi daging atau ikan yang sudah busuk.

  1. Tidak stress

Siapa nih Omicronians yang sering stress? Stress karena tugas kuliah, pekerjaan, atau bahkan kekhawatiran terjangkit virus corona? Dengan tersebarnya berita mengenai virus corona ini, pastinya beberapa dari Omicronians jadi sering panik, bukan? Sebaiknya tidak perlu panik berlebihan, karena hal tersebut bisa meningkatkan stress, lho. Bila kita berada di level stress yang tinggi, kesempatan virus corona bisa masuk ke tubuh kita juga semakin tinggi, Omicronians. Kok bisa, ya? dr. Lia Brasali Ariefano, ahli medis di Bio E Care mengatakan bahwa stress bisa menjadi salah satu kebiasa buruk yang dapat menurunkan kondisi tubuh, salah satu yang akan turun adalah imunitas atau daya tahan tubuh. Padahal sistem imunitas tubuh merupakan salah satu bagian vital bagi tubuh untuk menangkal berbagai virus yang akan menjangkit tubuh ini, termasuk virus corona.

   Ilustrasi keadaan stress (Foto : epilepsyu)

Ada beberapa cara agar kita terhindar dari stress selama masa isolasi 14 hari ini, yaitu melakukan olaharga di dalam ruangan seperti yoga dan senam. Tidak perlu olahraga berat, Omicronians, cukup 30 menit dan usahakan rutin, ya. Mendengarkan musik yang memiliki ritme bersemangat dan ceria ternyata juga bisa menurunkan tingkat stress lho, pastinya musik yang Omicronians sukai. Dan untuk menjaga kesehatan spiritual, kita bisa melakukan ibadat atau pendekatan diri kepada Tuhan YME dengan rutin juga, Omicronians.

Gimana, Omicronians? Langkah agar kita terhindar dari virus corona sangat mudah, bukan? Tidak perlu panik dengan adanya virus corona di negara kita ini. Dengan langkah pencegahan yang terus dilakukan, virus corona lambat laun akan musnah dari negara kita, bahkan dari Bumi. Menjaga pola makan agar sistem imun tubuh kita tetap terjaga juga penting dilakukan. Semoga bumi kita cepat membaik dan kasus ini segera mereda. Sampai jumpa di artikel kami yang lain, Omicronians!

 

 

Baca Juga : Teknologi yang bisa mengatasi krisis pangan dunia!

3 Comments on “Virus Corona makin bermutasi, yuk lakukan 4 hal ini!

  1. Artikel yang sangat mendidik dan bermanfaat.
    Disaat kita sedang krisis global akibat pandemi ini memang sudah seharusnya kita melakukan hal hal yang disebutkan diatas.
    Terima kasih atas sarannya Admin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *